SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Dimulai dari jaman persaingan antara Amerika dengan Soviet (USSR). Dimulai saat Soviet meluncurkan Sputnik, Amerika kemudian membuat Advanced Research Projects Agency (ARPA, yang kemudian dikenal dengan nama Defense Advanced Research Projects Agency , atau DARPA) di February 1958. ARPA kemudian membuat Information Processing Technology Office (IPTO) untuk menangani lebih jauh research Semi Automatic Ground Environment (SAGE) program. Dimana proyek ini bertujuan untuk menggabungkan system radar di seluruh Amerika untuk pertama kalinya. Ketua IPTO pada saat itu yaitu . J. C. R. Licklider mengatakan bahwa networking ini akan mengubah sejarah manusia.

Licklider kemudian merekrut Lawrence Roberts untuk mengepalai project yang bertujuan untuk mengimplementasi sebuah network, Lawrence Roberts merekomendasikan packet switching (dibandingkan Circuit switching ) untuk membuat jaringan yang lebih tahan terhadap gangguan. Titik jaringan pertama yang berhasil dibuat dan berfungsi adalah di UCLA pada October 29 , 1969 yang kemudian disebut ARPANET , salah satu bunda/sesepuh jaringan dari Internet.

Dari sini sejarah berlanjut dimana, the British Post Office , Western Union International dan Tymnet berkolaborasi untuk membentuk jaringan international yang berbasis packet switched network, dikenal dengan nama International Packet Switched Service (IPSS), di 1978. Jaringan ini berkembang dari Europe, US hingga Canada , Hong Kong dan Australia pada 1981.

Kita loncat sedikit :

Jaringan wide area network TCP/IP yang pertama kali dioperasikan adalah pada tanggal 1 January 1983, pada saat National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat membuat backbone (tulang punggung) jaringan universitas yang kemudian menjadi NSFNet . Tanggal ini kemudian oleh sebagian orang disebut-sebut sebagai tanggal lahirnya Internet.

Kemudian pada tahun 1985 banyak bermunculan jaringan-jaringan dan operator jaringan yang bertujuan untuk profit atau bisnis. Operator-operator ini kemudian bergabung dengan NSFNet. Hingga saat ini sehingga akhirnya seluruh jaringan TCP/IP di seluruh dunia terhubung satu dengan yang lainnya dan kita menyebut jaringan dunia ini Internet.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment