Empat Langkah Membuat Blog Terkenal

Membuat blog itu mudah namun tidak semudah kita membuatnya terkenal. Hanya dalam waktu lima menit sebuah blog sudah bisa dibuat dengan menggunakan Blogger atau Wordpress, yang menjadi masalah adalah berapa lama yang diperlukan untuk membuat blog kita menjadi terkenal? Bisa satu hari, satu minggu, satu bulan, atau bahkan tidak terkenal sama sekali. Sebagai seorang Blogger Borneo, tujuan utama saya membuat sebuah blog adalah membuatnya terkenal sehingga apa yang telah saya tuliskan dalam bentuk postingan artikel bisa dibaca oleh para pengunjung yang secara sengaja atau tidak sengaja mengunjungi blog saya. Kan percuma sudah buat artikel susah-susah tapi ngga ada yang membacanya, capek deh…

Nah, sekarang apa saja yang harus dilakukan agar blog kita menjadi terkenal? Metode apa yang bisa digunakan agar dalam waktu singkat blog kita menjadi terkenal di seluruh penjuru dunia maya? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat blog kita terkenal jika kita memiliki anggaran yang cukup, kita hanya perlu membayar seorang atau sebuah konsultan SEO yang dengan pengalaman dan keahliannya dalam waktu singkat sudah bisa membuat blog kita terkenal di jagat maya. Sekarang bagaimana kalau kita tidak memiliki anggaran yang cukup, apakah kita tidak bisa membuat blog kita terkenal? Jawabannya adalah BISA.

Berikut ini saya akan berikan beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat blog kita jadi terkenal, antara lain:

Gamar Promosi Blog



Langkah Pertama

Pertama-tama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan blogwalking atau menjalin silaturahmi ke blog lain dengan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar pada postingan yang sesuai dengan tema blog kita. Dengan begitu si pemilik blog biasanya akan melakukan hal yang serupa begitu membaca komentar yang telah kita tuliskan di salah satu postingannya.

Dari sini baru terjalin satu interaksi yang baik antara kita dengan pemilik blog lain dimana pada akhirnya akan terjadi proses pertukaran link. Semakin banyak kita memiliki link ke blog lain tentunya rangking blog kita akan semakin baik. Tapi ingat, blog-blog yang kita link-kan tersebut haruslah memiliki kesesuaian tema dengan blog kita. Misalnya blog kita bertemakan olahraga, maka kita harus mencari link dari blog-blog lain yang bertemakan olahraga juga. Jangan malah me-link ke blog-blog yang bertemakan fashion atau entertainment, malah ngga nyambung.




Langkah Kedua

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memasang iklan mengenai blog kita di beberapa penyedia iklan baris gratis seperti: pasangiklangratis.com, iklanplaza.com, iklanhouse.com, jasaiklan.com, dan masih banyak lagi penyedia jasa sejenis yang lain. Dengan menggunakan cara ini, kita hanya perlu mengisi form iklan yang telah disiapkan dan dalam waktu singkat blog kita telah terpasang iklannya dimana-mana.

Langkah Ketiga

Untuk langkah ketiga ini bisa dibilang sebagai satu hal yang wajib hukummnya dilakukan oleh para pemilik blog yaitu mendaftarkan alamat blognya ke berbagai search engine yang ada. Bagi sebagian besar blogger yang masih pemula mungkin akan berpikiran bahwa apabila kita membuat blog maka akan secara otomatis terindeks atau berada pada list berbagai search engine.
Namun kenyataannya tidaklah demikian, untuk bisa membuat alamat blog kita masuk dalam database search engine yang ada diperlukan yang namanya proses pendaftaran atau registrasi awal. Dari situ barulah pengelola search engine melakukan survey ke tiap-tiap halaman yang ada diblog kita dengan mengirimkan “utusan” yang lebih dikenal dengan Crawl. Semua informasi yang dikumpulkan oleh “utusan” tersebut akan dibawa kembali ke pusat untuk diproses Seperti halnya sebuah sekolah, agar nama kita terdaftar pada buku daftar siswa, tentunya kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke sekolah tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, agar blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari.

Langkah Keempat

Pada langkah ini, pemilik blog harus terus melakukan update secara berkelanjutan terhadap blognya dengan membuat tulisan-tulisan dalam bentuk postingan. Dalam dunia perbloggeran dikenal istilah Content is the King, pada umumnya sebagian besar para pengunjung dunia maya memanfaatkan internet sebagai sumber informasi dan referensi mereka. Hal inilah yang bisa mendongkrak ketenaran blog kita dimana jika postingan-postingan yang kita buat sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan. Tentunya judul yang dibuat juga harus sesuai dengan keyword yang biasa dicari oleh para pengguna internet di search engine misalnya cara membuat blog, langkah menggunakan handphone, tip membuat kue yang enak, dan lain-lain.

Dari keempat langkah diatas apakah ada diantaranya yang terasa sulit? Mungkin masih banyak langkah-langkah lain yang bisa diterapkan namun bagi saya sendiri, keempat langkah diatas merupakan cara yang paling efektif untuk mendongkrak ketenaran blog saya. Sudah caranya sangat mudah, eh gratis lagi. Mau lihat buktinya? Lihat saja posisi Alexa Page Rank blog saya saat ini, sudah menunjukkan angka 1 juta lebih dikit (padahal baru 3 bulan blog saya dibuat). Oke, mungkin demikian dulu pengalaman dari saya dan terima kasih.

Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Dina
admin
14 October 2010 at 05:14 ×

Mantap pak. Saya sudah 2 bulanan, msh pageranknya NOL. Hehe...

Reply
avatar
Rina As
admin
21 May 2011 at 19:09 ×

Melakukan blogwalking utk mencari bahan tulisan juga seru ...
postingannya bermanfaat sekali

Reply
avatar
instinkcomp
admin
3 June 2011 at 08:01 ×

sangat membantu bagi yang lagi belajar blog......
kayak saya...

Reply
avatar
Thanks for your comment