Sekarang Satu Komputer Untuk 2.000 Siswa

Tetapi target Depdiknas adalah 1 Komputer untuk 20 Siswa Pada Tahun 2015

Kalau pada tahun 2015 ada 1 computer untuk 20 siswa, komputer itu harus digunakan untuk belajar TIK, yang kewajiban semua anak sekolah. Berarti paling 1 - 2 jam seminggu per siswa 'kalau targetnya dicapaikan', kan? Bagaimana mungkin pada tahun 2015 saja mereka dapat menggunakan komputer juga untuk e-Learning?

Belum ada kabar mengenai '30 Ribu Desa Belum Teraliri Listrik' itu, apakah Depdiknas akan menyediakan genset? Kalau sangat optimistik dan ingin membuat bahan e-Learning untuk tahun 2015 +++ di mana mungkin akan ada cukup komputer supaya siswa dapat menggunakan e-Learning - kurikulumnya apa?

~ Artikel Dari Kompas ~

'JAKARTA, KOMPAS.com — Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada tahun 2015 menargetkan satu komputer untuk 20 siswa di tiap-tiap sekolah di seluruh Indonesia.

Hal ini diakui Setditjen PMTK Depdiknas, Giri Suryatmana, sebagai salah satu usaha Diknas untuk meningkatkan mutu pengajaran di tiap-tiap sekolah lewat internet.

Sekarang kan satu komputer untuk 2.000 siswa, nah ke depan kita mau kejar 1 komputer 20 siswa. Targetnya pada tahun 2015 dan biayanya dari APBN, katanya seusai jumpa pers pemberian penghargaan Intel Education Award 2009 terhadap 6 orang guru di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Minggu (16/8).

Menurutnya, metode belajar lewat jaringan internet saat ini amatlah penting karena akses informasi yang sedemikian cepatnya dapat diperoleh saat ini dapat diperoleh dari internet.

Misal di Maluku Selatan, kalau kita bangun bangunan sekolah itu akan percuma, karena enam sampai tujuh bulan ke depan sekolah itu akan kosong karena para murid akan ikut orangtuanya berlayar. Karenanya, Bupati sana mencanangkan program guru dengan laptop untuk melakukan proses belajar mengajar, katanya.

Untuk lebih memudahkan para guru dan siswa, pihak Diknas, menurutnya, telah memasang jaringan pendidikan nasional (Jardiknas) yang berfungsi untuk mendukung jaringan internet di seluruh sekolah di Indonesia.

Dari Jardiknas tersebut para guru dan siswa dapat mengunduh berbagai macam buku dan informasi belajar mengajar. Tapi memang sampai sekarang masih ada kendala di operasinya. Tapi itu sudah bisa diakses di seluruh Indonesia, dan semua bisa diunduh dari sana, misal buku teks, pelatihan-pelatihan guru, apa saja bisa diunduh di sana, ujarnya.'

C10-09

Sumber: Kompas.Com
http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/08/16/
16023286/1.Komputer.untuk.20.Siswa

Re: 'Dari Jardiknas tersebut para guru dan siswa dapat mengunduh berbagai macam buku dan informasi belajar mengajar. Tapi memang sampai sekarang masih ada kendala di operasinya. Tapi itu sudah bisa diakses di seluruh Indonesia, dan semua bisa diunduh dari sana, misal buku teks, pelatihan-pelatihan guru, apa saja bisa diunduh di sana, ujarnya.'

Kalau buku online di-download dan cetak sendiri bukunya lebih mahal daripada buku cetakan.
Ref: http://beritapendidikan.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=11&artid=1649

Ref: http://www.facebook.com/note.php?note_id=115994127747&ref=mf



Previous
Next Post »
Thanks for your comment