Peran TIK dalam pembelajaran

Memang sudah tidak menjadi hal yang baru di dunia teknologi berkembang seperti ini, terutama di dunia pendidikan. TIK atau lebih dikenal kenal Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah media yang bisa memberikan perubahan pembelajaran yang efisien, mudah dan bisa divisualisasikan seperti kenyataan.

Media pendukung ini haruslah dipegang diseluruh lingkup pendidikan, terutama guru. Penguasaan TIK untuk menunjang proses pembelajaran tidak harus sampai dengan menguasai bahasa pemrograman. Bisa mengoperasikan paket Miscrosoft Office misalnya, Guru bisa menyimpan segala bentuk dokumen pribadi yang berhubungan dengan belajar mengajar dikelas, contoh pengolahan nilai, maka guru cukup memanajemen nilai peserta didiknya dengan menggunakan Microsoft excel. Presentasi Bahan ajar, guru bisa mengemas bahan ajar yang dipersiapkan sebelum pembelajaran dimulai dengan menggunakan Microsoft Power Point dan ditampilkan melalui LCD proyektor. Itu masih beberapa bagian kecil manfaat dari TIK bagi Guru, apalagi kalau Guru bisa menguasai aplikasi aplikasi lain yang sekarang terus berkembang untuk menunjang pendidikan.

Bagi peserta didik media TIK wajib dan harus diketahui oleh mereka. Kenapa tidak? coba kita lihat, di Era sekarang dalam proses pembelajaran segala hal yang bisa divisualisasikan seperti kenyataan akan lebih mudah diingat oleh peserta didik. Mereka akan lebih menyukai pembelajaran seperti ini, karena peserta didik langsung melihat gambaran langsung dari materi yang sedang dihadapi. Bukan seperti metode lama, begitu menyita waktu, banyak ngomong bahkan peserta didikpun dipaksa untuk membayangkan sesuatu yang sedang dijelaskan oleh masing masing Guru. Alangkah kasian peserta didik seperti ini.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment