Membuka File .docx Tanpa Word 2007 atau Mengkonversikan ke Bentuk .doc

Ketika Anda baru saja menerima dokumen Microsoft Word 2007 dengan ekstensi .docx dari teman maupun klien Anda, tetapi Anda tidak punya petunjuk bagaimana cara membuka dan mencetak dokumen tersebut bahkan mungkin mengkonversikannya secara online (dari format .docx ke .doc atau forma lainnya).

Jangan khawatir, karena berikut ini ada tips singkat bagaimana menangani kasus seperti di atas, atau dalam hal ini Anda tidak mempunyai Microsoft Word 2007.



Latar belakang: File DOCX, atau yang sekarang menjadi ekstensi file default pada Word 2007, sebenarnya adalah rangkaian dari dokumen XML yang dipaketkan – [sehingga Anda bahkan dapat mengubah ekstensi file tersebut dari .docx menjadi .zip dan mengekstraknya isi paket tersebut menggunakan Winzip]* lihat contoh di atas.

Untuk mengkonversikan dokumen .docx menjadi .doc, Anda juga dapat mengunduh Microsoft Office compatibility Pack gratis di sini. Ini akan membantu Anda untuk membuka, mengatur pencetakan, dan menyimpan file .docx pada Office 2000, XP, atau 2003 [seperti halnya advanced Word 2007 File Viewer].

Sedangkan bagi Anda pengguna Mac, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Office Open XML File Format Converter untuk Mac di sini – ini akan mengkonversikan .docx ke bentuk file rtf (rich text format) yang dapat dibuka pada Office untuk Mac dan Mac word processors lainnya.

Alternatif lain yakni, Anda dapat mengkonversikan .docx ke .doc atau mengekstrak teks dari .docx menggunakan layanan online Zamzar.com maupun docxtodoc.com. Tidak seperti Microsoft compatibility pack, layanan ini tidak membutuhkan salinan dari Microsoft Office.

Juga dimungkinkan untuk membuka dan menyunting file .docx pada OpenOffice atau StarOffice menggunakan Open XML Translator gratis dari SourceForge yang mengkonversikan dokumen .docx ke .odf, maupun sebaliknya.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
20 March 2011 at 01:06 ×

Ilmu yang bermanfaat adalah menjadi ladang amal pabila disebarluaskan...izin untuk menyebarkannya..

Congrats bro Catatan Seorang Jaksa you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment